Cristiano Ronaldo VS Lionel Messi Siapa Yang Lebih Hebat?

Kedua nama ini bisa dibilang adalah ikon dari sepak bola modern seperti sekarang. bagaimana tidak, permainan keduanya yang brilian dan cemerlang benar benar telah memukau dunia. Apalagi sekarang keduanya bermain untuk dua klub sepak bola raksasa yang permusuhannya sangat melegenda (Real Madrid & Barcelona). Tentu akan sangat menarik untuk mengetahui siapakah diantara kedua “Dewa” sepak bola modern ini yang lebih baik, nah melalui postingan ini, saya akan coba membandingkan keduanya menurut beberapa rujukan. Saya akan coba membedakan kedua pemain ini dari beberapa segi mulai dari sejarah, fisik, skill dan attitude mereka di lapangan.

C.Ronaldo
C. Ronaldo lahir di portugal pada tanggal 5 februari 1985 dengan nama Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro dari pasangan keluarga yang sederhana. Ia mulai bermain sepak bola diumur 8 tahun dan masuk salah satu klub sepak bola kecil di kota tempatnya lahir, dan konon karena begitu tertariknya ia pada sepakbola sampai-sampai pelajaran sekolahnya diabaikan. Tahun 1996 ronaldo mulai berpisah dari keluarganya dan hidup mandiri untuk bergabung dengan Sporting Lisbon yang merupakan salah satu raksasa sepak bola portugal. Di umur ke 17 tahun, ronaldo mulai sedikit mencuri perhatian publik atas permainannya di kejuaran UEFA U17. Di tahun 2003, klub raksasa inggris Manchester United mengadakan laga persahabatan dengan Sporting lisbon. Disinilah Ronaldo mulai menunjukan taringnya sebagai pemain yang “menggigit”. dalam pertandingan tersebut, manchester united kalah dengan skor 3-1 dan dalang dari kekalahan tsb adalah Ronaldo. bagaimana tidak? jika anda lihat videonya di youtube, benar-benar terlihat betapa merepotkannya Ronaldo bagi barisan belakang MU. atas desakan para pemain MU, Sir Alex Ferguson (pelatih MU) memutuskan untuk mendatangkannya ke Old Trafford dan sang bintangpun lahir. singkat cerita, karir Ronaldo yang luar biasa di MU menarik perhatian raksasa sepak bola spanyol dan dunia, Real Madrid. dengan biaya yang sesuai dengan kualitasnya, MU resmi melepas Ronaldo ke Madrid.( sumber: http://www.ronaldo7.net/id/biografi/biografi.html )

(+)Kelebihan
– Ronaldo adalah pemain sepak bola yang dapat bermain dengan kedua kakinya yang membuat dia dapat bermain di mana saja: kanan, kiri atau melalui tengah. (wikipedia)

–  Ronaldo memiliki kemampuan teknik yang hebat. Selain gerakan multi step-over, dia juga mengembangkan banyak kemampuan lainnya, membuat dia sangat lincah dan sebagai pemain sayap yang tidak dapat diprediksikan gerakannya.(wikipedia)

– Ronaldo memiliki kemampuan mengeksekusi bola-bola mati yang  sangat terkenal, dia dapat mencetak gol dari jarak dekat maupun jauh, selain itu dia memiliki gaya khas dalam mengeksekusi tendangan bebas dengan berdiri tegak dan sedikit membuka kedua kakinya. Para fansnya biasa menyebut tendangannya dengan nama “Ronaldo Rocket”

– Ronaldo adalah pemain yang perkembangannya sangat pesat, bisa dilihat mulai dari awal kedatangannya ke MU dengan fisik yang bisa dibilang “kecil” sampai ke Real Madrid. selain itu dia adalah pemain yang berlatih  dengan sangat keras, ini terbukti dari kemampuannya di lapangan yang terus-menerus meningkat

( – )  Kekurangan

– Kekurangan dari Cristiano Ronaldo salah satunya adalah sifat emosionalnya yang sesekali meluap dan kadang tidak terkontrol khususnya pada laga-laga bertensi tinggi seperti el classico.

– Sesekali serakah, jika sudah keasikan mengaduk-aduk bola ia kadang lupa rekan satu timnya

– Terkadang egois , namun belakang ini menurut pengamatan saya sudah mulai berkurang

– Attitude diluar lapangan yang masih kurang, namun juga terlihat mulai membaik.

L. Messi

Lionel Andrés Messi (lahir 24 Juni 1987 di Rosario, Argentina) adalah pemain sepak bola yang kini bermain untuk FC Barcelona dan Argentina sebagai striker atau pemain sayap. Dianggap salah satu pemain sepakbola terbaik dari generasinya, Messi menerima beberapa Ballon d’Or dan FIFA World Player nominasi Tahun pada usia 21, dan menang pada tahun 2009 dan 2010 Gaya bermain dan kemampuannya telah menarik perbandingan dengan Diego Maradona, yang sendiri menyatakan Messi sebagai “pengganti” nya. Messi mulai bermain sepakbola pada usia muda dan potensi dengan cepat diidentifikasi oleh Barcelona. Dia meninggalkan tim muda Old Boys Rosario berbasis Newell yang pada tahun 2000 dan pindah dengan keluarganya ke Eropa, seperti Barcelona menawarkan pengobatan untuk kekurangan hormon pertumbuhannya. Membuat debutnya di musim 2004-05, dia memecahkan rekor timnya untuk pemain termuda yang mencetak gol liga. Mayor kehormatan segera diikuti ketika Barcelona memenangkan La Liga di musim debutnya Messi, dan memenangkan ganda liga dan Liga Champions pada tahun 2006. (wikipedia)

(+) Kelebihan

– Cara menggocek dan menggiring bolanya yang luar biasa benar-benar berasal dari bakat alaminya. beberapa orang menganggapnya sebagai orang yang terlahir untuk bermain sepak bola bahkan beberapa pemain menganggap dia adalah pemain yang berasal dari planet lain.

– Insting mencetak Golnya yang tinggi juga menambah nilai plus pemain ini. terbukti dengan banyaknya rekor gol yang ia pecahkan baik di liga lokal maupun eropa.

– Pemain yang satu ini terkenal baik hati dan tidak egois dengan rekan setimmnya

( – ) Kekurangan

–  Kelemahan yang paling terlihat dari pemain ini adalah fisiknya yang kecil. hal ini diakibatkan oleh penyakit kekurangan hormon yang dideritanya sejak kecil

– Pemain ini sesekali suka “bereksperimen” dengan mencoba-coba menembus pertahanan lawan seorang diri. meskipun sesekali berhasil, namun tidak jarang juga gagal dan peluang terbuang sia-sia

– Pemain ini juga sedikit “manja” karena sesekali masih tergantung dengan dua rekan setimmnya yaitu Xavi dan Iniesta.

KESIMPULAN

Secara Teknik dan skill kedua pemain ini cenderung sama. Hanya saja ronaldo sedikit lebih unggul karena kemampuan bola matinya dan dari segi fisik. Namun bukan berarti messi kalah dari ronaldo, kemampuan dribbel messi menurut saya sedikit diatas ronaldo. selain itu attitude messi juga lebih baik ketimbang ronaldo. sekian lah perbandinga ronaldo dan messi menurut saya. Setiap orang punya penilaian masing-masing dan terserah pada anda mana yang menurut anda lebih baik terlepas dari klub mana yang anda favoritkan.

One thought on “Cristiano Ronaldo VS Lionel Messi Siapa Yang Lebih Hebat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *